JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Melatih Kemahiran Menulis Bahasa Inggris bagi Siswa Sekolah dasar dengan Scramble Game di Desa Karang Jaya

Indah Sulmayanti (Universitas Nurul Huda)
Zulaikah Zulaikah (Universitas Nurul Huda)
Sugiarti Sugiarti (Universitas Nurul Huda)
Ahmad Ulin Niam (Universitas Nurul Huda)
Lailatul Janah (Universitas Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
10 May 2023

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk kewajiban dari seorang dosen untuk melakukan Tri Dharma perguruan tinggi selain tugasnya sebagai pengajar. Pengabdian ini dilatarbelakangi tentang pembelajaran writing pada pelajaran Bahasa Inggris yang masih kurang dirasakan manfaatnya bagi siswa. Siswa cenderung masih menganggap pembelajaran writing sebagai pelajaran yang membosankan dan kurang menarik. Hal ini memberikan asumsi yang mendasar bagi penulis, bahwa pelajaran Bahasa Inggris pada pembelajaran writing belum mampu menciptakan suasana belajar yang bermakna bagi siswa. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk meneliti teknik scramble game dalam menciptakan suasana belajar writing yang menyenangkan sekaligus bermakna bagi siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi beberapa tahapan, yakni penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, praktik menulis oleh siswa melalui metode dikte dan simak-salin di papan tulis, praktik menulis atau menyusun kata melalui scramble game, dan terakhir siswa bersama-sama dengan tim pengabdian melalukan diskusi dan tanya-jawab berkaitan dengan hasil jawaban yang telah dikerjakan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa scramble game dapat menciptakan suasana belajar writing yang menyenangkan sekaligus bermakna bagi siswa Sekolah Dasar di desa Karang Jaya. Hal tersebut dapat dicermati melalui keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan scramble game.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...