JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Hukum Mati di Indonesia: Antara Pro dan Kontra (Kajian Analisis Prespektif Hukum Islam)

Riska Zulfa Luthfiyyah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Paola Pebriyanti (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Andhini Oktafrina (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Abdillah Faqih (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Sania Ramadhani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Hisny Fajrussalam (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 May 2023

Abstract

Hukuman mati masih dilakukan di berbagai negara khususnya Indonesia. Hukum mati mengundang pro kontra di berbagai lapisan masyarakat karena bersinggungan dengan Hak Asasi Manusia. Setiap kelompok opini telah mengemukakan pendapatnya sesuai dengan pandangan mereka dan menjadi polemik hukum yang berkepanjangan. Akan tetapi pemerintah Indonesia dan beberapa kalangan masyarakat mendukung adanya Hukum Mati harus tetap sesuai dengan pendapatnya, maka Hukuman Mati hendaknya dilakukan dengan tujuan melindungi kehidupan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai pro dan kotra hukum mati di Indonesia dalam pandangan islam. Penelitian ini ditulis menggunakan metode kajian pustaka yang bersumber dari berbagai literatur ilmiah serta Al-Qur’an dan hadist. Bedasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi dan penerapan Hukuman Mati di Indonesia tetap dilaksanakan untuk menghukum kejahatan khsusus sesuai dengan aturan penetapan oleh Presiden Republik Indonesia no.2 tahun 1964. Dalam Islam hukuman mati diizinkan apabila memenuhi syarat dan masuk dalam kategori qishash yang telah dijelaskan dalam Al-qur’an dan Hadist.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...