JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Nafiqoh Elsa Kartikaningtyas (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Semarang)
Lukman Harun (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Semarang)
Heni Purwati (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Semarang)
Kresni Winanti (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 Semarang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan satu kali pertemuan di setiap siklusnya. Penelitian ini mengambil sampel 36 subjek kelas XI IPA 3. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui hasil tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif perbandingan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi transformasi geometri dengan perolehan persentase pada siklus I hanya 12 siswa atau 33% yang tuntas dalam pembelajaran matematika dan pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa atau 69%. Dari penelitian tersebut dianggap berhasil karena mencapai indikator kinerja ? 60% dari seluruh siswa dengan KKM ? 75.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...