JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Strengthening the Pancasila Student Profile through the Process of Learning Indonesian Traditional Dance Project in the Independent Curriculum

Muslimah Muslimah (SD Kartika XIX-4 Cimahi)
Vera Ayuningtyas (SD Kartika XIX-4 Cimahi)
Sri Nurhayati (Program Studi Pendidikan Masyarakat, IKIP Siliwangi Bandung)



Article Info

Publish Date
15 May 2023

Abstract

Inisiatif Penguatan Profil Siswa Pancasila Melalui Pembelajaran Seni Budaya Menari Dalam kegiatan pembelajaran kelas di SD Kartika XIX-4, instruktur seni budaya melakukan beberapa langkah. Pendidikan nonformal ada berdampingan dengan pendidikan formal dalam pendidikan seni. Pendidikan nonformal berlangsung dalam lingkungan keluarga seniman atau lingkungan pelatihan seni (sanggar). Secara umum, keluarga artis akan memberikan pengetahuan dan kemampuan yang mereka peroleh kepada keturunannya. Keluarga artis berharap agar bakatnya tetap terjaga. Oleh karena itu, tidak heran jika keterampilan tari, terutama tari tradisional dan lainnya, dapat dikuasai secara efektif. Tahapan yang dilakukan guru seni budaya yaitu Guru Seni Tari telah menerapkan metode pengelolaan dan penyelenggaraan pembelajaran dengan tahapan sebagai berikut: (1) tahap persiapan, (2) tahap penyampaian, (3) tahap pelatihan, dan ( 4) tahap pertunjukan. Ditinjau dari segi siswa, guru, sarana prasarana, dan sistem penilaian, program tari SD Kartika XIX-4 memiliki daya dukung yang tinggi. Kajian tari memberikan kontribusi terhadap kompetensi siswa, kegiatan sekolah, dan keragaman budaya bangsa Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...