Inisiatif Penguatan Profil Siswa Pancasila Melalui Pembelajaran Seni Budaya Menari Dalam kegiatan pembelajaran kelas di SD Kartika XIX-4, instruktur seni budaya melakukan beberapa langkah. Pendidikan nonformal ada berdampingan dengan pendidikan formal dalam pendidikan seni. Pendidikan nonformal berlangsung dalam lingkungan keluarga seniman atau lingkungan pelatihan seni (sanggar). Secara umum, keluarga artis akan memberikan pengetahuan dan kemampuan yang mereka peroleh kepada keturunannya. Keluarga artis berharap agar bakatnya tetap terjaga. Oleh karena itu, tidak heran jika keterampilan tari, terutama tari tradisional dan lainnya, dapat dikuasai secara efektif. Tahapan yang dilakukan guru seni budaya yaitu Guru Seni Tari telah menerapkan metode pengelolaan dan penyelenggaraan pembelajaran dengan tahapan sebagai berikut: (1) tahap persiapan, (2) tahap penyampaian, (3) tahap pelatihan, dan ( 4) tahap pertunjukan. Ditinjau dari segi siswa, guru, sarana prasarana, dan sistem penilaian, program tari SD Kartika XIX-4 memiliki daya dukung yang tinggi. Kajian tari memberikan kontribusi terhadap kompetensi siswa, kegiatan sekolah, dan keragaman budaya bangsa Indonesia.
Copyrights © 2023