JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengembangan Modul Pola Rok pada Mata Pelajaran Keterampilan Busana Kelas XI MA Al-Ishlah Sendangagung

Nurul Izzah Firdausy (Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya)
Yulistiana Yulistiana (Sarjana Terapan Tata Busana, Program Vokasi, Universitas Negeri Surabaya)
Lutfiyah Hidayati (Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya)
Irma Russanti (Sarjana Terapan Tata Busana, Program Vokasi, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan modul yang dikembangkan pada materi pembuatan pola rok, hasil belajar siswa setelah menggunakan modul, serta hasil respon siswa setelah menggunakan modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dilaksanakan di MA Al-Ishlah Sendangagung pada bulan April. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah ADDIE model. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah penilaian tingkat validitas dan tes. Metode pengolahan data menggunakan metode analisis deskriptif dengan menghitung hasil validasi media, nilai ketuntasan hasil belajar, serta respon siswa. Hasil penelitian menyatakan: 1) kelayakan validasi modul pola rok mendapatkan rata-rata total sebesar 4,125 yang menyatakan kriteria sangat valid sehingga layak untuk diuji cobakan. 2) hasil belajar siswa setelah menggunakan modul pola rok pada mata pelajaran keterampilan busana mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 90%, termasuk dalam kategori sangat baik. 3) respon siswa setelah menggunakan modul pola rok memperoleh hasil prosentase 74% dari siswa menjawab “IYA” dengan kriteria setuju.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...