JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Kualitas Produk Bustier terhadap Kepuasan Konsumen di Mata Pelajaran Custom Made SMK Negeri 6 Surabaya

Evira Elsa Abiyya (Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya)
Lutfiyah Hidayati (Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

Kualitas produk dan kepuasan konsumen memiliki keterkaitan yang penting dalam konteks pembelajaran. Peserta didik perlu memahami bagaimana mereka mampu untuk menjamin produk yang mereka hasilkan itu berkualitas dan melayani konsumen sampai konsumen merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan kualitas produk bustier, 2) mendeskripsikan tingkat kepuasan konsumen produk bustier, dan 3) mengetahui adakah pengaruh antara kualitas produk bustier terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan uji korelasi. Objek penelitian ini yaitu 34 peserta didik kelas XI Custom Made SMK Negeri 6 Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan metode pengukuran dan kuisioner tertutup. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen pengukuran berupa instrumen penilaian produk bustier yang divalidasi oleh 2 ahli serta menggunakan metode kuisioner tertutup yang disusun berdasarkan teori dimensi kepuasan konsumen. Metode analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS Statistic 25 dan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) penilaian kualitas bustier masuk ke dalam kategori baik dan sangat baik, 2) seluruh konsumen produk bustier sangat puas terhadap produk bustier, dan 3) pengaruh kualitas produk bustier terhadap kepuasan konsumen dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,015 < 0,05. Pearson correlation sebesar 0,412 menunjukan tingkat pengaruh dalam kategori sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...