Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 01 (2023): Volume 08 No. 01 Juni 2023

PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS: BAGAIMANA PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR?

Wiratman, Arwan (Unknown)
Ajiegoena, Andi Muhammad (Unknown)
Widianti, Nadila (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis keterampilan proses sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group design yang melibatkan 60 siswa kelas V siswa sekolah dasar yang terbagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan dengan pembelajaran berbasis keterampilan proses sains sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Masing-masing kelompok akan diberikan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah perlakuan untuk melihat perbadingannya. Lembar tes yang diberikan memuat indikator keterampilan berpikir kritis. Hasilnya mengungkapkan bahwa pembelajaran berbasis keterampilan proses sains berpengaruh signifikan terhadap perkembangan keterampilan proses sains siswa dibandingkan pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan meningkatnya tiga aspek, yaitu kemampuan merumuskan pertanyaan, kemampuan merencanakan strategi, dan kemampuan mengevaluasi keputusan. Siswa yang terampil dalam keterampilan proses sains akan lebih mudah untuk memilah dan menilai informasi, serta membuat keputusan yang berdasarkan pada bukti yang valid dan logika yang benar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...