Perkembangan anak usia dini memainkan efek yang signifikan pada keterampilan motorik halus. Hampir semua kegiatan yang dilakukan anak-anak membutuhkan keterampilan motorik halus. Artikel ini dibuat dengan menggunakan temuan penelitian yang mencoba menjelaskan jika kegiatan loose part berdampak pada perkembangan motorik halus anak di TK Teladan Pertiwi Bukittinggi. Peneliti di TK Teladan Pertiwi Bukittinggi mengamati sejumlah kesenjangan perkembangan pada anak, khususnya pada keterampilan motorik halusnya. Mayoritas anak-anak belum bisa menulis, mewarnai, menangkap, menjiplak, atau menggunting, yang semuanya membutuhkan keterampilan motorik halus. Kendala media pembelajaran dan kemampuan guru merancang pembelajaran menjadi penyebab masalah ini. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen quashi dan metodologi kuantitatif. Tes terdiri dari tujuh item dengan peringkat BB(1), MB(2), BSH(3), dan BSB(4). Audiens yang dituju penelitian ini termasuk 72 anak-anak. dengan kelas B3 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 15 siswa, dan kelas B1 sebagai kelompok kontrol yang juga berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan loose part di TK Teladan Pertiwi Bukittinggi berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus dini anak
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023