Journal of Education Action Research
Vol 7 No 2 (2023): May 2023

Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika

Widana, I Wayan (Unknown)
Widyastiti, Ni Made Rupita (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2023

Abstract

Peserta didik cenderung menghafal rumus dan kurang aktif dalam aktivitas yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kurang terlatih. Proses pembelajaran ini juga tidak memberikan kesempatan peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan membatasi ruang peserta didik dalam menyampaikan pemikirannya. Hal ini berpengaruh pada saat guru memberikan soal dengan level yang lebih tinggi, peserta didik tidak dapat mengerjakannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematika melalui implementasi model pembelajaran Learning Cycle 5E. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI yang terdiri dari 46 orang. Data kemampuan berpikir kritis matematika dikumpulkan dengan tes tertulis. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tercapai peningkatan rata-rata skor kemampuan berpikir kritis matematika dalam kategori baik dan sangat baik pada refleksi awal hanya 21,70%, pada siklus I meningkat menjadi 52,20%, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,80%. Kesimpulan model pembelajaran Learning Cycle 5E mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik. Implikasi penelitian ini diharapkan peserta didik dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran dan dalam kegiatannya mengakomodasi kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi berpikir kritis dan berpikir kreatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...