Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 3 (2023)

Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dari Aspek Geografis (Studi pada Anak Usia Dini Daerah Pesisir dan Pegunungan)

Andi Saparia (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Tadulako)
Ikhwan Abduh (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Tadulako)
Dealy Cintia Wulur (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Tadulako)
Didik Purwanto (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Tadulako)
Tri Murtono (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Tadulako)
Besse Nirmala (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia dini, Universitas Tadulako)
M. Said Zainuddin (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
21 May 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji perbedaan kemampuan motorik kasar anak pada dua lokasi yang berbeda yaitu pada daerah pegunungan dan pesisir. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif, jumlah populasi 185 sekolah pada daerah pesisir sedangkan pegunungan 222 jumlah tersebut dilakukan penarikan sampel dengan 2 tahap yaitu menggunakan teknik cluster random sampling selanjutnya purposive sampling. Jumlah sampel 57 sampel dengan rincian 45 orang daerah pesisir dan 12 orang pegunungan. Instrumen dan petunjuk tes menggunakan Tes of Gross Motor Development-3. Teknis analisis data yang digunakan dalam beberapa tahapan yaitu perhitungan berdasarkan tabel norma TGMD-3, analisis persentase dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata indeks motorik kasar anak usia dini pada kedua lokasi memiliki selisih perbedaan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan motorik kasar anak usia dini, anak daerah pesisir lebih baik dibandingkan anak usia dini daerah pegunungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...