Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan
Vol 9 No 1 (2023): Jurnal Edukasi : Kajian Ilmu Pendidikan.

PENGEMBANGAN MEDIA CANVA “TRANSFORMASI ENERGI” UNTUK MENUNJANGPEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SD 2 SAMBIREJO SEMARANG

Ahmad Syaikhul Ulum (Unknown)
Fine Reffiane (Universitas PGRI Semarang)
Filia Prima Artarina (Universitas PGRI Semarang)
Endang Rumiaci (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
12 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media menggunakan aplikasi Canva “Transformasi Energi” SD, (2) mengetahui kelayakan pada pengembangan aplikasi canva dalam pembelajaran tematik SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima Langkah antara lain: analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, dan siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Canva “Tranformasi Energi” Kelas IV SD “Sangat Layak” dengan rincian persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media pada tahap pertama menghasilkan 74,11 Kategori “Dapat Digunakan dengan Revisi”, kemudian Tahap 2 dengan skor 87,05 Kategori “Dapat digunakan Tanpa Revisi”. Ahli materi pada media Tahap 1 Skor 57,3% Kategori “Cukup dapat Digunakan” dan Tahap 2 Skor 96% Kategori Layak Digunakan tanpa Revisi“. Implementasi kepada siswa juga memperoleh hasil baik, dimana minat, motivasi, serta hasil belajar yang berjalan dengan baik. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Aplikasi Canva “Transfoemasi Energi” kelas IV SD 2 Sambirejo Semarang bisa digunakan dengan baik kepada siswa saat proses pembelajaran di kelas IV SD 2 Sambirejo Semarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

je

Publisher

Subject

Education

Description

Cakupan dan ruang lingkup materi terdiri dari (1) kurikulum pendidikan, (2) metode dan pendekatan pembelajaran, (3) media pembelajaran, (4) pembelajaran berbasis teknologi dan informasi, (5) penilaian dan evaluasi pembelajaran, (6) kreativitas dan inovasi pembelajaran, dan lain-lain yang terkait ...