Dari studi literatur diketahui bahwa masih terdapat siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi listrik statis. Oleh karena itu dilakukan observasi mengenai miskonsepsi siswa SMAN 9 Kota Jambi untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dalam mempelajari materi listrik statis dan bagaimana guru melakukan identifikasi untuk melihat miskonsepsi siswa. Dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2021 di SMAN 9 Kota Jambi. Metode yang digunakan yaitu wawancara bebas terpemimpin kepada guru fisika dan tiga siswa kelas XII IPA. Wawancara yang dilakukan terkait mengenai ruang lingkup pembelajaran fisika dan miskonsepsi siswa pada pembelajaran fisika. Dari hasil wawancara diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep fisika salah satunya materi listrik statis. Guru belum pernah memberikan tes diagnostik kepada siswa untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa dikarenakan belum tersedianya instrumen tes diagnostik untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa di SMAN 9 Kota Jambi dan juga guru belum pernah mengengembangan tes diagnostik miskonsepsi. Sehingga diperlukannya instrument tes diagnostik miskonsepsi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman konsep yang dimiliki oleh siswa agar nantinya dapat dilakukan penanganan yang tepat oleh guru untuk mengurangi miskonsepsi tersebut.
Copyrights © 2022