Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaranterhadap cara mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa padamateri penggolongan hewan di kelas V SD Negeri Pante Cermin. Rumusanmasalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis model pembelajaranterhadap cara mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa. Masalahyang terjadi pada saat melakukan penelitian ialah guru tidak menggunakanmodel ajar dikarenakan siswa terfokus pada media ajar bukan pada materi ajarnya, siswa juga memilki minat belajar yang rendah mengakibatkan siswa tidakfocus belajar.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif.Pendekatanyang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SD Negeri Pante Cermin Tahun pelajaran 2018/2019.Siswa-siswi kelas V sebanyak 30 orang, laki-laki berjumlah 17 orang danperempuan berjumlah 13 orang.Objek penelitian ini adalah model-modelpembelajaran.Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi.Dan teknik analisa data yang digunakan adalah skala Guttman. Hasil dari penelitian ini adalah Rendahnya Minat BelajarSiswa dikarenakan guru tidak menerapkan model ajar ketika pembelajaran berlangsung khususnya pada saat belajar materi tentang penggolongan hewan,Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru jarang menerapkan model ajar pada saat proses pembelajaran mengakibatkan beberapa siswa yang memilikiminat belajar yang kurang di kelas V SD Negeri Pante Cermin
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021