Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 12 No. 2 (2021): JURNAL GENTA MULIA

ANALISISMODEL PEMBELAJARANTERHADAPCARA MENGAJAR GURU UNTUK MENINGKATKANMINAT BELAJAR SISWA

Nurjannah (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Agus Kistian (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
Ida Cahyana (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaranterhadap cara mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa padamateri penggolongan hewan di kelas V SD Negeri Pante Cermin. Rumusanmasalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis model pembelajaranterhadap cara mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa. Masalahyang terjadi pada saat melakukan penelitian ialah guru tidak menggunakanmodel ajar dikarenakan siswa terfokus pada media ajar bukan pada materi ajarnya, siswa juga memilki minat belajar yang rendah mengakibatkan siswa tidakfocus belajar.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif.Pendekatanyang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas V SD Negeri Pante Cermin Tahun pelajaran 2018/2019.Siswa-siswi kelas V sebanyak 30 orang, laki-laki berjumlah 17 orang danperempuan berjumlah 13 orang.Objek penelitian ini adalah model-modelpembelajaran.Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi.Dan teknik analisa data yang digunakan adalah skala Guttman. Hasil dari penelitian ini adalah Rendahnya Minat BelajarSiswa dikarenakan guru tidak menerapkan model ajar ketika pembelajaran berlangsung khususnya pada saat belajar materi tentang penggolongan hewan,Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru jarang menerapkan model ajar pada saat proses pembelajaran mengakibatkan beberapa siswa yang memilikiminat belajar yang kurang di kelas V SD Negeri Pante Cermin

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...