Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik dengan tema indahnya kebersamaaan melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SDI Rutosoro Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas IV SDI Rutosoro dengan jumlah 20 orang, yang terdiri dari 8 orang siswa dan 12 orang siswi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan soaltes pilihan ganda untuk memperoleh analisis hasil belajar tematik. peningkatan hasil belajar tematik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 67,5 dengan presentasi menunjukan hasil belajar sebesar 67,5%, ketuntasan klasikal sebesar 40%, dan kategori penggolongan berada pada kategori cukup baik. Sedangkan hasil analisis data pada siklus II menunjukan rata-rata hasil belajar 80,5, dengan presentasi menunjukanhasil belajar 80,5 %, ketuntasan klasikal sebesar 90%, dan kriteria penggolongan berada pada kategori sangat baik. Terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 13%, sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal pada siklus I ke siklus II sebesar 50%.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SDI Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Tahun Ajaran 2021/2022.
Copyrights © 2023