Salah satu hasil implemantasi kurikulum merdeka berpengaruh pada nilai belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini menggunakan analisis data pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran aqidah akhlak antara program unggulan dengan reguler di MAN 2 Probolinggo. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan mengambil sampel pada program unggulan sebanyak 30 siswa dan program reguler sebanyak 30 siswa. Hasil daripada penelitian ini adalah pada hasil implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran aqidah akhlak antara program unggulan dan reguler di katakan baik, karena presentase 89% pada program unggulan dan 86% pada program reguler dan hasil implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran aqidah akhlak antara program unggulan dan reguler terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan nilai t hitung 3.733 nilai t tabel 2.628 dan sig. (2 tailed) sebesar 0.000 yang artinya sig 0.05 dengan hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Copyrights © 2023