J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2023): J-PiMat

Aplikasi KOCA-Math Bermuatan Emotion Quotient Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi SPLDV

Kukuh Suhariati Ningsih (IKIP PGRI Pontianak)
Reni Astuti (IKIP PGRI Pontianak)
Wandra Irvandi (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
10 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran aplikasi KOCA-Math Bermuatan Emotion Quotient Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMA Negeri 2 Nanga Pinoh. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Hasil penelitian terkait dengan kevalidan setelah dihitung mencapai kategori sangat valid dengan nilai kevalidan media sebesar 87,58% dan nilai kevalidan materi sebesar 87,04%, kemudian tingkat kepraktisan mencapai kriteria sangat praktis dengan hasil angket respon siswa mencapai nilai sebesar 94,47% dan angket respon guru mencapai nilai sebesar 89,6% dengan kriteria sangat efektif. Hasil tes menunjukan rata-rata siswa mendapatkan nilai 87,5% berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran aplikasi KOCA-Math ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kriris siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...