J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2023): J-PiMat

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMETIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

NURHAYATI NURHAYATI (Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo)
Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi (STAI Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif yang memiliki tujuan untuk menganalisis kekeliruan siswa dalam mengerjakan soal cerita aritmetika sosial. Penelitian ini penting untuk dilaksanakan guna dapat membantu menemukan solusi agar bisa meminimalkan adanya kekeliruan yang siswa lakukan saat menyelesaikan soal atau bahkan suatu permasalahan. Subjek penelitian ini ialah 12 orang siswa kelas VIII MTSS Darul Ulum Bantaran. Tes tulis yang memuat 10 soal diberikan kepada siswa guna dijadikan bahan analisis kesalahan tersebut dan wawancara terhadap 5 subjek yang melakukan banyak kesalahan. Riset dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/ 2023. Tahapan analisis yang digunakan yakni tahapan analisis kesalahan bagi Newman. Bersumber pada analisis informasi diperoleh persentase kesalahan membaca 11, 6%, kesalahan menguasai permasalahan 35, 6%, kesalahan dalam mentransformasikan permasalahan 39, 8%, kesalahan dalam keahlian proses 44, 9%, serta kesalahan penyusunan jawaban akhir 45, 7%.Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Aritmetika sosial, Deskriptif Kualitatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...