J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2023): J-PiMat

Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Masa Covid

nurhasanah nurhasanah (Universitas Muhammadiyah Parepare)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 yang membuat siswa belajar di rumah dengan metode daring yang enggan membuat siswa menyelesaikan tugas dan hanya menunggu kiriman jawaban dari teman-temannya, sehingga membuat siswa tidak berminat dalam belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar matematika Pada masa pandemi covid-19 siswa di kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Jenis penelitian adalah Ex-Post Facto. Seluruh siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Parepare menjadi populasi penelitian, dengan jumlah 5 kelas. Sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian kelas VIII.5 berjumlah 35 siswa. Lembar angket digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Diperoleh skor rata-rata hasil angket intensitas penggunaan gadget sebesar 74,14 sedangkan skor rata-rata hasil angket minat belajar matematika yaitu 79,09. Analisis infrerensial menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan nilai probabilitas = 0,00 kurang dari ???? (????= 0,05). Jadi H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh positif intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar matematika siswa di kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Parepare pada masa pandemi covid-19.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...