Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Analisis Kemampuan Menulis Teks Percakapan Berbasis Budaya Lokal Suku Mbojo Siswa

Dirmansyah (Unknown)
Khairun Nisa (Unknown)
Husniati (Unknown)
Setiani Novitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks percakapan berbasis budaya lokal suku Mbojo siswa kelas IV SDN So Loka Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyanian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut 1) Kemampuan menulis teks percakapan berbasis budaya lokal suku Mbojo siswa kelas IV SDN So Loka tahun pelajaran 2022/2023 masih rendah dengan skor rata –rata 57,1. 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran kemampuan menulis percakapan berbasis budaya lokal suku Mbojo Siswa Kelas IV SDN So Loka tahun pelajaran 2022/2023, dari sisi guru antara lain pembelajaran yang dilakukan masih dengan model konvensional dengan mengandalkan ceramah, tanpa alat bantu, sedangkan dari sisi siswa antara lain motivasi dan minat siswa yang rendah dan dukungan sarana dan, prasarana belajar yang sangat kurang. Oleh sebab itu, guru harus memulai pembelajaran dengan menggunakan model model pembelajaran yang inovatif seperti model berbasis masalah, model latihan, model percakapan dan lain sebagainya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...