Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Gerakan Literasi Sekolah Pada Siswa Kelas Awal

Sintia Nurya (Universitas Mataram)
Darmiany (Unknown)
Heri Hadi Saputra (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter, pelaksanaan dan kendala internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam gerakan literasi sekolah (GLS) pada siswa kelas awal di SDN 1 Kempo Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dan analisis data menggunakan model alir dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam gerakan literasi sekolah (GLS) pada siswa kelas awal yaitu nilai religious, jujur, toleransi, disiplin, dan gemar membaca serta menulis. Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam gerakan literasi sekolah (GLS) pada siswa kelas awal yaitu sebagai berikut: (1). Pelaksanaan internalisasi dilaksanakan sesuai dengan tahap atau level kelas siswa, (2). Pelaksanaan internalisasi berada pada tahap transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai, (3). Pelaksanaan gerakan literasi sekolah pada siswa kelas awal yaitu kelas 1, 2 dan 3 dilaksanakan pada tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, pembelajaran, dan pada tahap pembelajaran guru menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran. Kendala dan upaya dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam gerakan literasi sekolah (GLS) pada siswa kelas awal adalah waktu, kurangnya pemahaman guru dan kurangnya pemahaman siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...