Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Pengembangan Handout Sebagai Suplemen Bahan Ajar Era New Normal

Rida Nur Wahyuni (Unknown)
Darmiany (Unknown)
Mansur Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

Kurikulum 2013 pada era new normal paska pandemi Covid-19 menjadi faktor penyebab kesulitan proses belajar mengajar di kelas antara guru dan peserta didik di Indonesia. Handout menjadi salah satu sarana suplemen bahan ajar yang dapat membantu mengatasi masalah yang muncul sehingga mempermudah siswa untuk menerima materi bahan ajar dan mempermudah guru untuk memberikan materi pelajaran. Penelitian pada buku Tema 3 “Benda di Sekitarku”, Subtema 1, muatan Bahasa Indonesia bertujuan untuk merancang handout, memperbaiki kesalahan pada buku ajar, dan mengetahui tingkat kelayakan handout untuk digunakan sebagai suplemen bahan ajar di kelas III SDN 32 Cakranegara. Metode penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model pengembangan 4-D yang langkah-langkah tahapannya sudah ditetapkan. Data penelitian diambil dengan menggunakan angket kepada responden sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil penelitian pengujian tingkat kelayakan penggunaan handout dari validator bahan ajar memperoleh nilai tingkat validasi 3.4 atau mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan. Tingkat validasi kelayakan dari ahli materi mendapatkan nilai 3.5 atau mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan. Tingkat validasi kelayakan dari respon guru kelas memperoleh nilai 3.7 atau mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan. Tingkat validasi kelayakan peserta didik memperoleh nilai 3.9 atau mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk diterima oleh peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa handout ini layak untuk digunakan sebagai suplemen bahan ajar era new normal siswa kelas III SD di SDN 32 Cakranegara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...