Kurikulum 2013 pada era new normal paska pandemi Covid-19 menjadi faktor penyebab kesulitan proses belajar mengajar di kelas antara guru dan peserta didik di Indonesia. Handout menjadi salah satu sarana suplemen bahan ajar yang dapat membantu mengatasi masalah yang muncul sehingga mempermudah siswa untuk menerima materi bahan ajar dan mempermudah guru untuk memberikan materi pelajaran. Penelitian pada buku Tema 3 “Benda di Sekitarku”, Subtema 1, muatan Bahasa Indonesia bertujuan untuk merancang handout, memperbaiki kesalahan pada buku ajar, dan mengetahui tingkat kelayakan handout untuk digunakan sebagai suplemen bahan ajar di kelas III SDN 32 Cakranegara. Metode penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model pengembangan 4-D yang langkah-langkah tahapannya sudah ditetapkan. Data penelitian diambil dengan menggunakan angket kepada responden sesuai dengan kebutuhan penelitian. Hasil penelitian pengujian tingkat kelayakan penggunaan handout dari validator bahan ajar memperoleh nilai tingkat validasi 3.4 atau mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan. Tingkat validasi kelayakan dari ahli materi mendapatkan nilai 3.5 atau mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan. Tingkat validasi kelayakan dari respon guru kelas memperoleh nilai 3.7 atau mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan. Tingkat validasi kelayakan peserta didik memperoleh nilai 3.9 atau mendapatkan kriteria “sangat layak” untuk diterima oleh peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa handout ini layak untuk digunakan sebagai suplemen bahan ajar era new normal siswa kelas III SD di SDN 32 Cakranegara.
Copyrights © 2023