Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan berwudu peserta didik kelas II di SD Negeri Tindang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. SubJek penelitian ini sebanyak 33 peserta didik, dengan KKM 70 dan ketuntasan klasikal 85. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan berwudu dari hasil praktek sebelum dan sesudah tindakan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan setelah penerapan metode demonstrasi dibandingkan sebelum dilaksanakan metode demonstrasi, dengan rata-rata sebelum tindakan 30,30%, pada siklus 1 ketuntasan individual sudah tuntas dan ketuntasan klasikal rata-rata 66,66%. Hanya saja pada siklus 1, hanya 6 peserta didik yang bergabung karena regulasi pencegahan Covid 19. Penulis mencari solusi dengan berusaha mendapatkan izin dari kepala sekolah dan orang tua peserta didik agar bisa masuk secara bersamaan. Hasilnya pada siklus 2 didapatkan rata-rata 81,81% dan pada siklus 3 rata-rata 90,90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan kemampuan berwudu peserta didik kelas II SDN Tindang Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa.
Copyrights © 2021