Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan metode Drill dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas V UPT SDN 1 Kepulauan Selayar. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Dari tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaannya, peneliti dibantu oleh teman sejawat sebagai pengamat. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Drill dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik. Hal tersebut dibuktikan sebelum tindakan dilakukan, peserta didik memperoleh nilai persentase 40,0% pada kategori tidak baik. Selanjutnya pada siklus I memperoleh nilai persentase 55,6% dengan kategori kurang baik. Pada siklus II memperoleh nilai persentase 65,0% dengan kategori cukup baik dan pada siklus III meningkat dengan memperoleh nilai persentase 81,3% dengan kategori baik.
Copyrights © 2021