Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan serta penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 57 Kaca Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, tahun ajaran 2020/2021 semeseter I. Subjek penelitian adalah peserta didik SD kelas IV SDN 57 Kaca Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Indikator keberhasilan yakni peningkatan hasil belajar dari kurang baik menjadi baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode make a match, mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai rata-rata pra siklus peserta didik hanya mencapai 63,68, namun setelah penerapan metode make a match dalam tema Aku Anak Shaleh, hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 57 Kaca mengalami peningkatan. Rata-rata nilai pada siklus 1 adalah 76,84, dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai peserta didik menjadi 89,47, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 89,63.
Copyrights © 2021