Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COGNITIVE GROWTH TUTOR SEBAYA DENGAN MEDIA FLASHCARD DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS II TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA

Merly Nindian Afsani (universitas pgri semarang)
Sumarno (Program Magister Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Ngatmini (Program Magister Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
20 May 2023

Abstract

Nindian Afsani, Merly. 2023. “Pengaruh Metode Pembelajaran Cognitive Growth Tutor Sebaya Dengan Media Flashcard Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Membaca.” Tesis Pembimbing: (1) Dr. Sumarno, M.Pd.; (2) Dr. Ngatmini, M.Pd Model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran yang baik dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan kompetensinya. Model pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia masih kurang optimal. Model dan media yang digunakan . Berdasarkan data prapenelitian, menunjukkan bahwa guru belum menggunakan model pembelajaraan yang sesuai dengan karakteristik siswa. Guru hanya menggunakan bahan ajar buku tematik kelaas II yang besumber dari kemendikbud. Guru hanya memberikan pembelajaran yang konvensional sehingga siswa yang belum dapat membaca merasa jenuh dan bosan mengikuti pembelajaran. Sehingga peneliti perlu menerapkan model pembelajaran yang sesuai dibantu dengan media ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dengan metode Cognitive Growth tutor sebaya dengan media Flashcard ditinjau dari gaya belajar siswa. Serta menguji hubungan model pembelajaran cognitive growth tutor sebaya dengan media flashcard. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method (kuantitatif dan kualitatif). Teknik pengumpulan dilaksanakan dengan tes, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data awal dan analisis data akhir, uji anava, uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran cognitive growth tutor sebaya dengan media flashcard layak digunakan dengn hasil uji regresi Dari perhitungan diketahui bahwa besarnya nilai R Square adalah 0,049 atau 49%. Dapat disimpulkan bahwa besarnya presentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 49%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Simpulan bahwa model pembelajaran cognitive growth tutor sebaya dengan media flashcard efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca. Hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dapat dilihat pada nilai pretest yang telah dilakukan yaitu 53,91 dan rata-rata nilai posttest sebesar 77,83. Guru diharapkaan dapat mengembangkaan model pembelajaran agar pembelajaran menjadi menyenangkan kan siswa berantusias , serta pihak sekolah diharapkan dapat memfasilitasi. Kata kunci: cognitive growth, flashcard, membaca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...