Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ASSURE. Langkah-langkah digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu: Identifikasi kasus, dalam penelitian ini identifikasi yang dilakukan oleh peneliti berkaitan dengan pengembangan pembelajaran model ASSURE oleh guru di sekolah, perumusan pertanyaan penelitian. Pengumpulan data, pendekatan yang peneliti gunakan yakni triangulasi, yaitu mengumpulkan data dari beberapa sumber yang berbeda, sering digunakan dalam metode studi kasus untuk memastikan keabsahan dan keandalan data. Analisis data. Interpretasi dan kesimpulan, peneliti mencoba untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kasus tersebut, hubungan sebab-akibat yang mungkin, dan implikasi temuan penelitian. Pelaporan hasil penelitian. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain pembelajaran menggunakan model ASSURE yang dikembangkan berdasarkan analisis tahap-tahap model ASSURE. Adapun validitas hasil model desain pembelajaran model ASSURE tematik terpadu berada pada kategori sangat valid. Praktika Litas hasil desain pembelajaran model ASSURE tematik terpadu dapat terlaksana dengan baik pada pembelajaran di dalam kelas. Efektivitas hasil desain pembelajaran model ASSURE tematik terpadu berpengaruh terhadap keterlaksanaan RPP, aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023