JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 11 No. 02 (2023): JE. Vol 11 No 2 (2023)

Strategi penjualan dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di apotek kimia Farma Sam Ratulangi Manado

Anggreyna Tumanduk (Unsrat)
Willem J.F.A. Tumbuan (Universitas Sam Ratulangi)
Jane G. Poluan (Universitas Sam Ratulangi)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

Apotik Kimia Farma merupakan perusahaan industry farmasi pertama di Indonesia serta melayani jual beli antara penjual dan pembeli . selain itu perusahaan memasarkan produk-produk sangat tergantung pada kiat-kiat dan strategi pemasaran yang dilakukan karena dengan penerapan strategi yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi penjualan, kualitas layanan terhadap kepuasan pelangan. konsumen di apotik kimia farma. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif asosiatif dan uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda. Sampel yang digunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah 100 responden. Hasil penelitian uji t atau parsial menunjukkan bahwa strategi penjualan dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelangan. Kualitas layanan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pelangan. Secara simultan strategi penjualan, dan kualitas layanan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pelangan Apotik kimia farma, sebaiknya selalu menciptakan inovasi baru dan mempertahankan strategi penjualan ,dan kualitas layanan agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Kata Kunci: Strategi Penjualan, Kualitas Layanan, Kepuasaan Pelanggan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...