Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2023): Februari

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Geometri Siswa Kelas IV Menurut Teori Van Hiele di SDN 06 Cakranegara

Juli Hikmayani (Universitas Mataram)
Muhammad Tahir (Universitas Mataram)
Awal Nur Kholifatur Rosyidah (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Geometri  merupakan cabang matematika yang membahas tentang benda-benda, luas permukaan, titik-titik, garis-garis, sudut-sudut, sifat-sifat, dan semua ukuran yang berlaku, termasuk letak-letak titik, garis dan sudut di dalam ruang.Tujuan  penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep geometri siswa, khususnya pada materi  bangun datar kelas IV menurut teori Van Hiele yang terdiri dari 3 tahapan level berfikir: (1) Level 0 “Visualisasi” , (2) Level 1 “Analisis”, dan (3) Level 2 “Deduksi Informal”. Penelitian  ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN 06 Cakranegara pada tahun pelajaran 2022/2023 semester gasal. Teknik  pengumpulan data yang digunakan yaitu  tes, wawancara dan dokumentasi. Data berupa hasil tes pemahaman konsep geometri menurut teori Van Hiele pada materi bangun datar, kemudian dianalisis menggunakan instrumen penilaian kemampuan pemahaman konsep menurut teori Van Hiele. Berdasarkan hasil analisis dapat diperolehbahwa  tingkat pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal geometri menurut teori Van Hiele yaitu: 1)  27% dari 30 siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep pada level 0 “Visualisasi” dengan kriteria hanya dapat melakukan 1 tahapan dalam teori Van Hiele, 2) 60%  dari 30 siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep pada level 1 “Analisis” dengan kriteria mampu melakukan 2 tahapan dalam teori Van Hiele, 3) 13% dari 30 siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep pada level 2  “Deduksi Informal” dengan kriteria mampu melakukan semua tahapan dalam teori Van Hiele. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar kemampuan pemahaman konsep geometri  siswa kelas IV SDN 06 Cakranegara berada pada level 1 “Analisis”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...