Analisis kesalahan adalah upaya penyelidikan terhadap suatu peristiwa yang menyimpang untuk mencari tahu penyebab terjadinya penyimpangan tersebut. Analisis kesalahan Newman adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengetahui letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan bentuk scaffolding yang diberikan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Analisis kesalahan dilakukan berdasarkan metode Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh Kelas VIID MTs Jihadul Ummah NW Waker Tahun Pelajaran 2022/2023 sebagai subjek penelitian. Enam siswa dipilih untuk memperdalam hasil penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes tertulis setelah diberikan scaffolding diperoleh persentase kesalahan siswa pada tiap jenis kesalahan yaitu; jenis kesalahan reading 1,85% dengan kategori sangat rendah, jenis kesalahan comprehension 1,85% dengan kategori sedang, jenis kesalahan transformation 13,8% dengan kategori sangat rendah, jenis kesalahan process skill 20,8% dengan kategori rendah dan jenis kesalahan encoding 19,4% dengan kategori rendah. Persentase kesalahan yang dilakukan siswa pada tes pertama dan tes kedua setelah diberikan scaffolding dalam menyelesaikan soal cerita mengalami penurunan, dalam hal ini memperlihatkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita materi pecahan setelah diberikan scaffolding tergolong baik.
Copyrights © 2023