Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2023): Februari

Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Struktur Tumbuhan Untuk Siswa Kelas IV SDN 1 Kesik

Tiwi Ardila (Universitas Mataram)
Nurul Kemala Dewi (Universitas Mataram)
Itsna Oktaviyanti (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Pengembangan media scrapbook pada materi struktur tumbuhan untuk siswa kelas IV SDN 1 Kesik, kecamatan Masbagik, kabupaten Lombok Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prosedur pembuatan dan kelayakan media scrapbook pada materi struktur tumbuhan untuk siswa kelas IV SDN 1 Kesik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran yang menarik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model penelitian yang digunakan adalah pengembangan model 4-D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian ini adalah pada tahap pertama hasil rata-rata validasi oleh ahli materi 97,91% dan hasil rata-rata validasi oleh ahli media 87,5%. Tahap kedua hasil uji coba siswa skala kecil diperoleh rata-rata 83,33% dan hasil uji coba siswa skala luas diperoleh rata-rata 91,38%. Dapat disimpulkan bahwa prosedur pembuatan media scrapbook pada materi struktur tumbuhan untuk siswa kelas IV SDN 1 Kesik menggunakan model 4D yaitu: Define (Pendefinisian), dalam tahap ini dibagi menjadi beberapa langkah yaitu: Analisis awal, Analisis siswa, Analisis konsep, Analisis tujuan pembelajaran. Design (Perancangan), tahap perancangan ini meliputi: Pemilihan Media, Pemilihan Format, Desain awal. Develop (Pengembangan), terdapat dua langkah dalam tahapan ini yaitu: Validasi ahli dan Uji Coba Produk. Disseminate (Penyebaran), serta media scrapbook pada materi struktur tumbuhan yang dikembangkan sangat valid dan respon siswa sangat baik sehingga sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...