Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menekankan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Namun setelah adanya pandemi dengan waktu pembelajaran yang dipersingkat hal tersebut tidak dapat dilaksanakan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di kelas IV SDN 1 Wanasaba Lauk, problematika yang dihadapi dan solusi untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diproleh dianalisis menggunakan model dari Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara tatap muka dengan dengan waktu pembelajaran dipersingkat menjadi 4 JP X 15 menit dengan durasi pembelajaran 60 menit satu kali pertemuan. Problematika yang dihadapi guru yaitu kesulitan dalam menyusun perencanaan pembelajaran, penyampaiana materi serta penilaian yang kurang maksimal dan kesulitan dalam mengkondisikan kelas. Solusi yang dilakukan guru adalah menyusun rencana pembelajaran dengan diskusi dengan teman sejawat, menyampaikan materi dengan media pembelajaran dan bahasa yang mudah dimengerti, melakukan penilaian dengan memberikan tugas dan memperhatikan peserta didik selama pembelajaran berlangsung, dan menciptakan suasana yang menyenangkan saat pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2023