Jurnal Terapan Abdimas
Vol 8, No 2 (2023)

PEMBERDAYAAN ANAK ASUH MELALUI ASISTENSI BELAJAR DAN TUTOR SEBAYA DI PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH TUNAS MELATI UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Setiadi, Anandita Eka (Unknown)
Hadiarti, Dini (Unknown)
Sudarti, Sudarti (Unknown)
Sunarya, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

Abstract. The problem of losing motivation to learn in foster children needs to be addressed immediately. The solution that can be offered to overcome this problem is to increase learning independence through empowerment foster children in an active learning process with learning assistance and peer teaching. This strategy can create conducive environmental conditions for fun learning and provide facilities that support activities to develop the knowledge and skills of foster children. The purpose of this service program is prioritized to support the education of foster children, especially in learning independence. The service program will be carried out for 2 months through five activities, (1) Motivate to learn (2) Training on learning assistance and peer teaching methods (3) Understanding the material, (4) Group learning activities, and (5) Evaluation. The results shows that the community service activities have succeeded in increasing the learning independence of foster children with an average of 14.16%. Abstrak. Kurangnya personil pengasuh dan hilangnya motivasi belajar pada anak asuh menjadi permasalahan yang perlu segera ditangani. Solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah meningkatkan kemandirian melalui penerapan konsep pemberdayaan yang melibatkan anak asuh dalam proses belajar secara aktif dengan strategi asistensi belajar dan tutor sebaya. Strategi ini dapat menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif untuk belajar yang menyenangkan dan menyediakan fasilitas yang menunjang kegiatan-kegiatan untuk mengembangkan pengetahuan serta keterampilan anak asuh. Tujuan program pengabdian ini diprioritaskan untuk menunjang pendidikan anak asuh, terutama dalam hal kemandirian belajar. Program pengabdian akan dilaksanakan selama 2 bulan melalui lima kegiatan, yaitu: (1) Pemberian motivasi belajar untuk anak asuh (2) Pelatihan metode asistensi belajar dan tutor sebaya (3) Pendalaman materi, (4) Kegiatan belajar kelompok, dan (5) Evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi, diketahui kegiatan pengabdian yang telah dilakukan berhasil meningkatkan kemandirian belajar anak asuh dengan rata-rata sebesar 14,16%.  

Copyrights © 2023