Jurnal Banua Oge Tadulako
Vol 2 No 1 (2022)

Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Masa Pandemi Covid Menggunakan Tes Diagnostik Three Tier Pada Materi Termokimia

hardianti hardianti (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Tadulako, Indonesia)
Kasmudin Mustapa (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Tadulako, Indonesia)
Ratman Ratman (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Tadulako, Indonesia)
Magfirah Magfirah (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Tadulako, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sidoan Kab.Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Teknik pengambilan sampel adalah Random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat (Three-tier). Hasil penelitian menunjukkan tingkat paham konsep siswa diperoleh sebanyak 33%. Tidak Paham Konsep diperoleh sebanyak 28%. Miskonsepsi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sidoan diperoleh sebanyak 40%. Kategori miskonsepsi tertinggi terdapat sub konsep Sistem dan Lingkungan sebesar 12,5%. Persentase miskonsepsi berdasarkan item soal, tingkat miskonsepsi tertinggi terdapat pada item soal nomor 28 dengan persentase 67,5%. Sedangkan yang terendah terdapat pada item soal nomor 1,4, dan 14 dengan persentase terendah sebesar 10%-12,5%. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi sumber informasi mengenai tingkat miskonsepsi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbot

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Banua Oge Tadulako (JBOT) is a national recognized journal in the field of education. It is published twice a year (May dan November). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum development, learning environments, ...