Pemasaran merupakan kegiatan yang penting dalam pergerakan perusahaan, karena hal ini akan berdampak pada pendapatan. AMDK Bariklana yang diproduksi oleh Kopontren Al-Amien Sumenep memiliki permasalahan di mana jumlah stok yang mengendap di gudang. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan metode SWOT pada AMDK Bariklana Kopontren Al-Amien Sumenep. Untuk tiap-tiap variabel pada faktor internal dan faktor eksternal AMDK Barikalana memiliki nilai 1,6126 untuk kekuatan, 1,7700 untuk kelemahan, 1,6876 untuk peluang, dan 1,6376 untuk ancaman. Dengan ketentuan sumbu X sebagai faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan sumbu Y sebagai faktor eksternal (peluang dan ancaman), sehingga diketahui posisi AMDK Bariklana berada di kuadran III. Hal ini berarti strategi alternatif yang paling relevan untuk digunakan yaitu strategi alternatif W-O.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023