Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 8 No 2 (2023): Volume 8 Nomor 2, Mei 2023

Design Thinking dalam Riset dan Pengembangan Produk Fashion

Anggraini, Rahma Darma (Unknown)
Nurhadi, Didik (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan gaya hidup, tren fashion sangat cepat berubah, berganti dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini menyebabkan industri fashion yang bergerak dalam segmen pasar produk massal (mass product) mengadopsi fast fashion untuk tetap bertahan di tengah persaingan industri. Kunci sukses dalam merilis produk baru dalam fast fashion adalah supply chain atau rantai pasok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi design thinking dalam riset dan pengembangan produk fashion massal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan design thinking. Design thinking terdiri dari lima tahapan, yaitu: emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Peneliti melakukan empati, observasi, dan mengidentifikasi masalah-masalah yang dalam riset dan pengembangan produk fashion muslimah di PT Qiyada Maysuun Sejahtera. Kemudian, peneliti membuat prototipe dan pengujian produk. Hasil dari penelitian ini adalah design thinking dapat digunakan sebagai pendekatan atau metode untuk melakukan research and development produk fashion yang digunakan di industri mass product fashion untuk memenuhi kebutuhan pengguna (user), dalam hal ini user adalah target pasar dari produk fashion tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...