Penelitian ini menerapkan penelitian lapangan dilatar belakangi rendahnya pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab sehingga berpengaruh terhadap pemahaman siswa dalam materi bahasa arab di MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar dengan permasalah : 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan pemberian penghargaan dan hukuman pada siswa kelas VIII Mts Muallimin Muhammadiyah Makassar. 2) Untuk mengetahui apakah pemberian penghargaan dan hukuman dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Mts Muallimin Muhammadiyah Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dua siklus. Setiap siklus mempunya empat tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini pada siswa kelas VIII A MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar. Adapun teknik pengumpulan data yan digunakan adalah wawancara, lembar obeservasi, dokumentasi dan tes (pre test dan post test). Adapun hasil yang didapatkan menggunakan reward dan punishment sebagai metode untuk meningkatkan hasil belajar bahasa arab sebagai berikut sebelum menerapkan sistem reward dan punishment dengan rata-rata nilai persentase sebesar 55,5%, setelah menggunakan reward dan punishment pada siklus I rata-rata nilai persentase sebesar 60,5% dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa dengan persentase sebesar 81,3% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan reward dan punishment dalam proses belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kela VIII A MTs Muallimin Muhammadiyah Makassar. Kata Kunci : reward dan punishment, Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab
Copyrights © 2022