cover
Contact Name
Nur Fadila Amin
Contact Email
jurnalpba2017@gmail.com
Phone
+6285396004289
Journal Mail Official
jurnalpba2017@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sultan Alauddin No.259, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25798863     EISSN : 26566958     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Marãji’ p-ISSN: 2579-8863 e-ISSN: 2656-6958 adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal ini dikhususkan pada kajian Pendidikan bahasa Arab baik teori maupun praktek. Jurnal Al-Marãji’ terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal dari hasil penelitian dan kajian ilmiah yang dilakukan oleh peneliti, akademisi, maupun pemerhati dalam bidang sastra dan pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 102 Documents
PENGARUH PENGUASAAN BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN MAHASISWI SEMESTER II MA’HAD AL-BIRR MAKASSAR Nur Siah; Nur Fadilah Amin
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 1 (2017): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Language is the means  of communication in sharing thoughts, ideas, concepts or feelings used by humans both orally and writing. Every nation has its own language, for example Arabic . Arabic is the language that used by the Arabian society. It has a distinctive as the language that is used in the Qur'an, the holy book of Moslem . Arabic Language then became one of the language  that is studied all over the world. There are Some opinions that learning Arabic is one of the most difficult and hard to do, so that some people still not interested to learn it. But Without conscious, by studying Arabic and understanding it well, it will be very helpful in memorizing and mastering the Holy Qur'an. This research was conducted at Ma'had Al-Birr Makassar in Jl.Sultan Alauddin 259 Makassar . This study aims To determine the influence of mastery the Arabic language and the ability to memorize Al-Qur'an of the second semester student on Ma'had Al-Birr Makassar. This research is expected to gives good benefit For Students to improve their motivation in memorizing and mastering Al-Qu'ran, for the lecturers are expected can help to provide learning motivation student in mastery and memorize Al-Qu'ran. Besides, for the researchers are expected to provide benefits to apply and implement Arabic language in memorize Al-Qur'an. The research method used is a quantitative approach such as Interview Guide, questionaires, Observation Guide and files. The data obtained was analyzed by regression analysis and Anova 5% (percent). The result of this research is the ability of mastery of Arabic language by second semester student on Ma "had Al-Bir in academic year 2015-2016 has a positive effect toward the ability in memorize Al-Qur'an at  5% (percent) significance level from  4.67.Keywords: Language, Arabic, Holy Qur'an AbstrakBahasa merupakan alat komunikasi dalam menyampaikan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan yang digunakan oleh manusia baik secara lisan maupun tertulis. Setiap bangsa memiliki bahasa masing-masing, misalnya Bahasa Arab. Bahasa arab adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat bangsa arab. Ia memiliki keistimewaan yaitu bahasa yang digunakan dalam Al-quran, kitab suci umat muslim. Bahasa  Arab  kemudian menjadi salah satu bahasa yang dipelajari hampir diseluruh  penjuru  dunia. Beberapa pendapat mempelajari bahasa arab merupakan salah satu hal yang sangat sulit dan sukar, sehingga masih kurang tertarik untuk mempelajarinya. Tetapi tanpa disadari bahwa dengan mempelajari bahasa arab dengan baik serta memahaminya, itu akan sangat membantu dalam menghafal dan menguasai Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan di Ma’had Al-Birr Makassar Jl.Sultan Alauddin 259 Makassar. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui  pengaruh penguasaan bahasa arab dan kemampuan menghafal Al-Qur’an  mahasiswi semester II Ma’had Al-Birr Makassar. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik Bagi Mahasiswa yaitu  Meningkatkan motivasi dalam  menghafal dan menguasai Al-Qu’ran, untuk dosen diharapkan dapat   memberikan manfaat dalam membantu memberikan motivasi  belajar yang mudah kepada mahasiswa  dalam menguasai dan menghafal Al-Qu’ran. Sedangkan untuk peneliti diharapkan dapat memberikan manfaat mengaplikasikan dan mengimplementasikan  pengusaan  bahasa arab dalam menghafal Al-Qur’an. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah  pendekatan kuantitatif yaitu Panduan wawancara,  Kertas tes, Panduan observasi dan Arsip. data  yang  telah  diperoleh dianalisis dengan analisis regresi dan Anova 5%. Hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan penguasaan bahasa Arab mahasiswi semester II Ma”had Al-Birr tahun pelajran 2015-2016 berpengaruh positif terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an pada taraf signifikansi 5% yaitu 4,67.Kata kunci : Bahasa, Bahasa Arab, Al-Qur’an
PENERAPAN METODE LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP UNISMUH MAKASSAR Jusniarti Jafar; Fatmawati Fatmawati
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 1 (2019): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to describe the learning process with the direct method of learning Arabic in Makassar Unismuh Middle School and to find out the results of applying the direct method in learning Arabic. This research is a Classroom Action Research (CAR) with several cycles to get the desired data and information.From the results of this study it can be seen that the results of learning Arabic in class VIII Makassar Unismuh Middle School has increased after the implementation of direct methods in learning. This can be seen from the increase in student learning outcomes from the medium category in the first cycle and the high category in the second cycle with an average score of 7.1 increasing to 8.11.Keywords: Direct method, Language, Arabic
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII SMP UNISMUH MAKASSAR Amiruddin Amiruddin; Fatmawati Fatmawati
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2018): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika-problematika pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII SMP UNISMUH Makassar,  untuk mengetahui solusi dan upaya-upaya dalam mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. Jenis penelitan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisis kualitatif induktif, yang dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; Problematika Pembelajaran Bahasa Arab yang dihadapi oleh siswa kelas VIII SMP UNISMUH Makassar yaitu: (1) Peserta didik kurang memiliki kemauan untuk belajar bahasa Arab, (2) Latar belakang lingkungan yang kurang mendukung kemajuan prestasi belajar bahasa Arab, (3) Peserta didik kurang memiliki rasa percaya diri dalam bahasa Arab. Adapun upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab yang dihadapi siswa kelas VIII SMP UNISMUH Makassar yaitu: (1) Pihak sekolah berusaha meningkatkan jaminan kesejahteraan pendidik, (2) Memberikan pengertian dan motivasi kepada anak didik, (3) Memilih metode mengajar yang tepat dan variatif , (4) Melengkapi fasilitas dan sarana belajar mengajar, (5) Pemahaman guru terhadap karakteristik peserta didik, dan (6) Memberikan pekerjaan rumah secara rutin.Kata Kunci: Problematika, Belajar, Bahasa Arab
PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI SISWA KELAS VIII SMP PONDOK PESANTREN PUTRI UMMUL MUKMININ AISYIYAH WILAYAH SULAWESI SELATAN Hajrah Hajrah; Abd. Rahim Razaq
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 1 (2018): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of the demonstration method on the motivation to learn Arabic in the eighth-grade students of Ummul Mukminin Islamic Boarding School of Aisyiyah in South Sulawesi. The research method used is survey research. Data collection techniques were carried out by observation, interviews, documentation, and questionnaires distributed to respondents, using interview guidelines, questionnaire lists, observation guidelines, and documentation records as data collection instruments. The student population is 181 with a sample of 45 people. The data analysis technique uses descriptive qualitative analysis with a simple percentage formula. From the results of the study, it can be seen that the application of the demonstration method in learning Arabic in Class VIII of Ummul Mukminin Islamic Boarding School of Aisyiyah Junior High School in South Sulawesi was very interesting. It can be seen from the results of the questionnaire that as many as 14 students were highly motivated to learn Arabic with the method used by the teacher or 31.1%, 28 motivated students or 62.2% and 3 unmotivated students or 6.7% with the method used by teacher in the process of learning Arabic.Keywords: Demonstration method, motivation, Arabic
PENGARUH PENERAPAN METODE AUDIOLINGUAL UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB SISWA MTs MUHAMMADIYAH LIMBUNG Fatmawati Fatmawati
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 2 (2017): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of audiolingual method (atthoriqah assam'iyah assyafawiyah) in improving the Arabic skill of grade VIII students of MTs Muhammadiyah Limbung. This research is a field research by using qualitative descriptive method, with data source of one teacher of Arabic study and 66 students of MTs Muhammadiyah Limbung. The method of collecting research data was observation, questionnaire and interview. The results of this study indicated that (1) the application of audiolingual method on learning Arabic based on questionnaire was known that 56 or 84,84% which become sample of answer research had been applied, while 9 or 13,63% answer enough applied, and 1 or 1,51 % who answered less applied, while the answer is not applied 0 or 0%. (2) students' Arabic skill based on questionnaire shows that 35 people or 53,03% answer very good, 30 people or 45,45% 1 person or 1.51% who responded poorly and 0% or none responded unfavorably (3) the influence of the application of audiolingual method (al thoriqah al sam'iyah al syafawiyah) for the improvement of Arabic skill. Of the respondents who said strongly affects 38 people or 57.57%, who say enough 26 people or 39.39% of them who say less affect 2 people or 3.03% while no one answered no effect.
PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA MAKASSAR Rahmi Rahmi
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 2 (2019): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar?, 3) Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi faktor penghambat penerapan metode mimicry memorization (طريقة التحفيظ والتقليد) dalam pembelajaran  mufradat  bahasa  Arab pada  siswa kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara MakassarJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengesksplorasi data yang dilapangan dengan metode analisis deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran  secara  tepat  dan  jelas  tentang  penerapan  metode  mimicry memorizationHasil Penelitian diperoleh data bahwa: 1) Penerapan Metode mimicry berdasarkan pengamatan peneliti, sudah sesuai dengan teori-teori yang ada. Hal ini dapat dilihat dari prosedur pelaksanaan pembelajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan Metode mimicry adalah yang pertama kurangnya sarana dan prasarana di sekolah tersebut sebagai penunjang dan pendukung kegiatan pembelajaran . Faktor yang kedua adalah Minat siswa karena pada dasarnya minat dan ketertarikan seseorang  terhadap suatu dianggap menyenangkan bagi individu tersebut. Faktor ketiga adalah perhatian siswa ialah suatu keaktifan jiwa peserta didik dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab dan faktor terakhir adalah aktifitas siswa ialah segala kegiatan siswa pada saat pembelajaran mufradat bahasa Arab. 3) Upaya-upaya yang lakukan dalam mengatasi faktor penghambat penerapan Metode mimicry memorization  Memilih metode yang  sesuai dengan keadaan dan kondisi siswa dan ruangan kelas harus efektif karena sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Kata Kunci : Penerapan, Mimicry-Memorization, Mufradat
PENINGKATAN PENGUASAAN MUFRADAT MELALUI PENGAJIAN KITAB PADA MAHASISWA MA’HAD AL-BIRR UNISMUH MAKASSAR Ilham Muchtar
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 2, No 2 (2018): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mufradat merupakan kumpulan kata-kata tertentu yang akan membentuk bahasa (kosakata). Kata adalah bagian terkecil dari bahasa yang sifatnya bebas.Perbendaharaan kosakata bahasa Arab yang memadai dapat menunjang seseorang dalam berkomunikasi dan menulis dengan bahasa tersebut.Peningkatan mufradatmerupakan bagian pentingdari proses pembelajaran suatu bahasa.Kegiatan pengajian merupakan cara yang tepat agar peningkatan penguasaanmufradat dalam pembelajaran bahasa Arab dapat tercapai secara efektif.Pengajian kitab di Ma’had Al-Birr Unismuh diadakan lima kali dalam sepekan dengan materi dan pembina yang berbeda setiap hari. Kitab-kitab yang diajarkan antara lain; kitab Subulussalam, kitab al-Arba’in an-Nawawiyah, kitab Qawa’id al-Lughah, kitab al-Rahiq al-Makhtum dan kitab Sirah Nabawiyah.Pengajian kitab yang dilaksanakan di Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar berdasarkan penelitian dengan metode observasi dan wawancara langsung yang dilakukan berhasil meningkatkan penguasaan mufradat bagi mahasiswanya. Kata Kunci: Mufradat, Pengajian, Ma’had Al-Birr
METODE DRILL DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB Sumiati Sumiati; Nur'ani Aziz
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 3, No 1 (2019): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine of the mastery of Arabic vocabulary students and also to determine the impact of using the Drill method in Arabic learning to increase Arabic mastery of Nahdlatul Ulum Islamic boarding school students in Soreang, Maros Regency. The research methods used are interviews, observation and documentation to get accurate data and information. The results of this study indicate that the description of Arabic vocabulary mastery in MTs Nahdlatul Ulum Islamic Boarding School in Soreang Maros Regency is considered to be less than optimal because the number of Arabic vocabulary memorization in MTs Nahdlatul Ulum Islamic Boarding School is still lacking and does not yet have the confidence to communicate using Arabic. The Impact of the Implementation of the Drill Method (Exercise) in Improving the Mastery of Arabic Vocabulary in MTs Nahdlatul Ulum Islamic Boarding School in Soreang Maros Regency is considered quite good, where the authors find four indicators as a reference in providing an assessment, namely 1) memorization of Arabic vocabulary quite a lot, 2) there is a habit of using mastered vocabulary in interacting in the school environment, 3) has been able to process some of the vocabulary that is mastered into a simple sentence, 4) has been able to apply Arabic in the mobile phone presentation menu, and 5) Streamlining the reading of the Kitab Kuning.Keywords: Drill Method, Vocabulary
IMPLEMENTASI METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Semester III Pendidikan Bahasa Arab) Sudir Koadhi
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 2 (2017): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to see the effect of direct method implementation in learning Arabic language on the third semester students of Arabic Language Education Faculty of Muhammadiyah University of Makassar, whether it could improve the mastery of skills in maharah kalam ?, both for students who belong to the average level and low level group. The method used in this research was an experimental method that‟s begun with pretest (preliminary test) to know the level of mastery of students' language skills, as well as to perform placement test. After doing treatment by applying direct method in learning Arabic skills, with the assumption that the method would be able to improve students' Arabic language skills were average and weak. So it was required posttest (final test) to find out how far the influence of the application of the method. From the results of the research, on the implementation of Direct Methods in Arabic learning, it could be concluded that (1) Direct Method implementation had enough influence in improving the speaking skill (maharatul kalam) in Arabic at the third semester student of Arabic Language Education (PBA) Faculty of Islamic Studies Unismuh Makassar. 2) third semester students of Arabic Language Education (PBA) Faculty of Islamic Studies Unismuh Makassar, well motivated to learn and improve speaking skill in Arabic through the implementation of Direct Method (Mubasyarah / Direct Method). Keywords: Direct method, speaking skill (maharatul kalam)
ANALISIS KEMAMPUAN PENGUCAPAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH GUPPI RANNALOE GOWA Kasmawati kasmawati; Mahlani Mahlani
Al-Maraji' : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 1, No 1 (2017): Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractArabic Language is one of  foreign languages which the spreads has been found  in several regions and countries .There is no doubt that Arabic language is absolutely necessary in learning and to go deep into the Knowledge about Islam. This is due to the fact that the books  which become the source of Islam religion especially the broader and more complete in general still written in Arabic. The difficulties encountered in learning Arabic are influenced by the lack of knowledge of Arabic in the society. This study aims to find out the ability in  pronunciation of Arabic vocabulary  at the second grade students in Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa and  the obstacles which faced by students in the pronunciation of Arabic vocabulary. This research was conducted at Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa, in particular on second grade class. The method  used is qualitative. The methods are used in collecting data by researchers  in this study, that is: a) Guidelines for observation, direct observation made with phenomenal systematics are investigated by observing the object of study, b) Interview Guidelines, Relate to data is  collected on human attitudes and desires, this technique is well suited for obtaining accurate data. c) oral tests, to see how far Arabic vocabulary is pronounced in answering questions verbally and The results of this study shows that the pronunciation ability in Arabic vocabulary by the second grade students in Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa is still below the average due to the lack of knowledge of Arabic language among the students themselves, this is because most of them come from the  Primary school which did not know about Arabic language and do study about that.Keywords: Language,  Arabic Language,  Vocabulary AbstrakBahasa Arab merupakan salah satu bahasa Asing yang penyebarannya sudah banyak ditemukan di beberapa daerah dan negara.. Sudah tidak diragukan lagi bahwa bahasa Arab mutlak diperlukan dalam mempelajari dan mendalami ilmu pengetahuan Islam. Hal ini disebabkan buku-buku yang menjadi sumber agama Islam terutama  yang  lebih  luas dan  lengkap  pada umumnya  masih ditulis dalam bahasa Arab. Kesulitan yang dihadapi dalam mempelajari bahasa Arab dipengaruhi oleh minimnya pengetahuan bahasa Arab di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pengucapan kosakata bahasa Arab pada sisiwa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa serta apa saja yang menjadi kendala yang dihadapi siswa dalam pengucapan kosakata bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa,khususnya kelas VIII. Adapun metode yang digunakan bersifat kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang peneliti lakukan dalam penelitian ini, yaitu : a) Pedoman observasi, pengamatan langsung yang dilakukan dengan sistematika fenomenal yang diselediki dengan cara mengamati objek yang diteliti. b) Pedoman wawancara, Berhubungan dengan data  yang  dikumpulkan  menyangkut  sikap  dan keinginan  manusia, maka teknik ini cocok sekali untuk memperoleh data yang akurat. c) tes lisan, untuk melihat seberapa jauh kemampuan pengucapan kosakata bahasa Arab dalam menjawab pertanyaan yang diberikan secara lisan dan. Adapun hasil penelitian ini yaitu Kemampuan pengucapan Bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Guppi Rannaloe Gowa masih di bawah rata-rata dikarenakan minimnya pengetahuan bahasa Arab di kalangan siswa itu sendiri., hal ini disebabkan oleh karena kebanyakan dari mereka berasal dari SD yang belum mengenal bahasa Arab sama sekali dan belum pernah mempelajarinya.Kata kunci : Bahasa, Bahasa Arab, Kosa kata

Page 1 of 11 | Total Record : 102