Indonesian Journal of Early Childhood : Jurnal Dunia Anak Usia Dini
Vol. 4 No. 1 (2022)

Keterlibatan Orang Tua Dalam Mengenalkan Matematika Permulaan Untuk Anak Autism Spectrum Disorders Rentang Usia 4-8 Tahun

Yubaedi Siron (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Insanirha Fahiyah Mutona (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Annisa Fitri Alfatikah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Atania Karima (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Ipah Khonipah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)
Sumuvi Meisasti Faizatu Rusuli (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam mengenalkan matematika permulaan kepada anak ASD (Autism Spectrum Disorders) usia 4-8 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur secara daring. Penelitian ini melibatkan 5 orang tua yang dipilih melalui purpossive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki anak ASD pada dasarnya berperan penting untuk mendampingi anak dalam setiap kegiatan. Keterlibatan orang tua dalam mengenalkan kegiatan matematika permulaan pada anak ASD dapat dilakukan dengan banyak cara tetapi disesuaikan dengan kebutuhan setiap anak. Adanya penggunaan media pembelajaran, metode dan strategi yang beragam diharapkan mampu membantu orang tua dalam mendampingi anak dalam mengenalkan matematika permulaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJEC

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, ...