Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 01 (2023): March 2023

Eksplorasi Etnomatematika Masjid Agung Al-Muhtaram Kajen Kabupaten Pekalongan dalam Pembelajaran Matematika

Musbaiti Musbaiti (UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)
Rizqi Miftahurrahmah (UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)
Zulfa Nabila (UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)
Ahmad Faridh Ricky Fahmy (UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Kurangnya pemahaman yang komprehensif berkaitan dengan pelajaran matematika sehingga Etnomatematika hadir dalam rangka menjembatani antara peserta didik dan kebudayaan sehingga matematika mudah dipaham. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara matematika dengan budaya, khususnya pada penerapan rumus ataupun konsep matematika matematika yang terkandung didalam alat-alat dan arsitektur yang ada di Masjid Agung Al-Muhtaram Kajen, Kabupaten Pekalonga. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dengan metode pengumpulan data, yaitu observasi oleh tiga observer dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat etnomatematika pada masjid seperti konsep bangun datar pada bedug, keramik, kentongan, dll, barisan aritmatika seperti pada pemasangan paku ang ada di kulit sapi pada bedug , dan himpunan jaring-jaring lingkaran diatas kulit sapi pada bedug dengan 2 garis yang berdampingan tetapi tidak sejajar(zigzag).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

circle

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even ...