EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 1 No 01 (2021): Juli 2021

MEDIA PEMBELAJARAN “BUCIL” (KUBUS KECIL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK

nanik ulfa (Unknown)
Ahmad Yazid Busthami (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi volume kubus dan balok. Faktor penyebabnya adalah penggunaan metode yang monoton dan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa khususnya materi Volume Kubus dan Balok. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan media Bucil (Kubus Kecil) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan model PTK dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahapan diantaranya: tahap perencanaan (planning), tahap tindakan (action), tahap pengamatan (observing) dan tahap refleksi (reflection). Namun mengingat penyebaran covid-19 yang semakin meningkat, maka penelitian dihentikan sampai tahap perencaan dengan syarat seluruh instrumen penelitian harus divalidasi. Setelah dilakukan proses validasi oleh 2 validator diporeleh persentase skor dari masing-masing instrumen penelitian. Validasi terhadap RPP diperoleh persentase skor sebesar 86% . Pada validasi media pembelajaran diperoleh persentase skor sebesar 84,5%. Validasi lembar kerja kelompok diperoleh persentase sebesar 77,5%. Validasi soal tes tulis diperoleh persentase sebesar 82%. Dan validasi pedoman observasi memperoleh persentase skor sebesar 82%. Sehingga dari hasil validasi terhadap seluruh instrumen penelitian dapat disimpulkan bahwa seluruh instrumen memperoleh kriteria valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...