Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies
Vol 2, No 2 (2023): Indonesian Journal of Pedagogical and Social Studies

Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Kognitif Anak Usia Dini di Kota Makassar

Muhammad Zulfadhli (Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Hilal Alimuddin (Universitas Negeri Makassar)
Nurfadilah Nurfadilah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Abstrak.Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Kognitif Anak Usia Dini di Kota Makassar. Penelitian ini bermaksud menjelaskan penelitian tentang pengaruh media sosial TikTok terhadap perilaku kognitif anak usia dini di Kota Makassar. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi dan wawancara. Analisis dilakukan dengan tahapan pencarian data, skrining data, penilaian kualitas (kelayakan) data, dan menentukan hasil. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh uji t diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap melakukan identifikasi pertanyaan penelitian, menyusun protokol penelitian, dan menyusun strategi pencarian, dan ekstraksi data. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh uji t diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y sebesar 0,416 > 0,05 artinya nilai signifikan lebih besar dari 0,05 atau nilai t hitung -0,154 < r tabel 0,361 artinya nilai t hitung lebih kecil dari t tabel maka dapat disimpulkan bahwa H ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh variabel X terhadap Y. Hasilnya bisa kita ketahui bersama bahwa media sosial TikTok sebagai variabel X tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kognitif anak usia dini sebagai variabel Y. Keywords: Media Sosial, TikTok, Anak Usia Dini, Perilaku Kognitif Anak Usia Dini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijpss

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This Journal publishes research studies employing a variety of qualitative and/or quantitative methods and approaches in the field of pedagogical and Social Sciences. The journal covered by all topics in: Humanities Social studies Management Education, Teaching Learning And others (within the scope ...