De`Teksi : Jurnal Teknik Sipil
Vol. 5 No. 2 (2020): De' Teksi - Jurnal Teknik Sipil

Analisis Kemacetan Lalu Lintas Akibat Parkir Di Badan Jalan: Studi Kasus : Sekitar Jalan Ketapang Selatan Depan Pasar Cepu Kabupaten Blora

Novianto, Herta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Permasalahan lalu lintas terdapat beberapa aspek yang saling berkaitan. Lalu lintas yang baik adalah yang mampu mewujudkan arus yang lancar, kecepatan yang cukup, aman, nyaman dan murah. Kemacetan merupakan permasalahan yang sering kali terjadi di wilayah perkotaan. Volume arus lalu lintas sudah hampir mendekati atau melebihi kapasitas jalan akan menimbulkan suatu kemacetan. Kegiatan parkir di bahu jalan menjadi fenomena yang mempengaruhi pergerakan kendaraan di saat kendaraan-kendaraan yang mempunyai intensitas pergerakan yang begitu tinggi akan terhambat oleh kendaraan yang parkir di bahu jalan sehingga menyebabkan kemacetan. Fenomena kemacetan akibat dari pengaruh parkir pada badan jalan parkir pada badan jalan (on street parking) menjadi hal yang menarik untuk dikaji. Dalam Penelitian ini jenis penelitian yang digunakan berdasarkan rumusan masalah adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemacetan akibat parkir di badan jalan. Lokasi jalan yang diteliti adalah Sekitar Jalan Ketapang Selatan Depan Pasar Cepu Kabupaten Blora. Titik fokus yang diteliti berada pada sekitar Pasar Cepu, pertokoan dan pengamatan parkir di badan jalan. Berdasarkan analisa dan pembahasan diketahui bahwa parkir di badan jalan sekitar Jalan Ketapang Selatan Depan Pasar Cepu, menimbulkan permasalahan yaitu berupa kemacetan, meskipun demikian secara umum kondisi kemacetannya masih bisa dikendalikan oleh para pengendara yang melintas dijalan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari volume yang menunjukkan berkisar antara 489,7 smp/jam. Diketahui pula kelas hambatan samping pada hari libur dengan jumlah total berkisar 1.196, sedangkan untuk hari kerja kelas hambatan sampinya total 1.042. dengan demikian kelas hambatan samping tergolong sangat tinggi. Sedangkan untuk nilai kepadatan lalu lintas diketahui pada hari libur sebesar 45,36. Pada hari kerja sebesar 33,82. Untuk derajat kejenuhan diketahui berkisar 0,55 pada hari Minggu dan pada hari Senin berkisar 0,51. Tingkat pelayanan jalan tergolong pada kategori C. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa arus lalu lintas masih dalam batas stabil namun hambatan dari kendaraan lain dirasakan semakin besar akibat dari aktivitas parkir di badan jalan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

DeTeksi

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal ini Memiliki bidang keahlian yang terdiri dari Teknik Struktural, Teknik dan Manajemen Konstruksi, Teknik Geoteknik, Teknik Sumber Daya Air, Teknik Transportasi dan Teknik ...