Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development
Vol. 2 No. 1 (2019): Ranah Research : Journal Of Multidisciplinary Research and Development (Novembe

MENGENAL HURUF HIJAIYAH BAGI SISWA TUNARUNGU MELALUI BAHASA ISYARAT ARAB

Popy Purna Faradisya (Universitas Negeri Padang)
Asep Ahmad Sopandi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2019

Abstract

Penelitian berawal dari seorang siswa tunarungu di kelas VB SLB Negeri 1 Pariaman yang masih kesulitan dalam mengenal huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah menggunakan Bahasa Isyarat Arab. Jenis penelitian berbentuk eksperimen dengan pendekatan SSR (Single Subject Research) menggunakan desain A-B-A. Hasil penelitian pada kondisi baseline (A) siswa memperoleh hasil yang rendah pada kondisi intervensi (B) siswa mengalami peningkatan kemampuan yang tajam dan pada kodisi baseline (A2) siswa mengalami peningkata kemampuan namun tidak terlalu signifkan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan dua komponen yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi Berdasarkan hasil penelitian terebut dapat disimpulan bahwa bahasa isyarat mampu meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah bagi siswa tunarungu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

R2J

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Transportation Other

Description

Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh inasti Research di bawah naungan Yayasan Dharma Indonesia Tercinta (DINASTI). Perbitan jurnal ini 4 kali dalam setahun yaitu November, Februari, Mei, dan Agustus. Ruang ...