Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan vokasional pembuatan brownies untuk anak tunarungu kelas VIII di SLBN 1 Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR), dengan desain yang digunakan A-B-A. menolak pengukuran data dan pendataan dalam penelitian ini pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak 5 kali, tindakan atau intervensi (B) diberikan sebanyak 8 kali, dan kondisi anak diamati setelah diberikan tindakan atau intervensi/ baseline (A2) 5 pengamatan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi dan tes. Berdasarkan observasi dan tes yang dilakukan dalam teknik pengumpulan data, diperoleh hasil analisis data yang menunjukkan kondisi kemampuan keterampilan kejuruan membuat brownies untuk anak tunarungu adalah positif. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, menunjukkan bahwa metode pembelajaran langsung dalam meningkatkan keterampilan vokasional pembuatan brownies untuk anak tunarungu mengalami peningkatan.
Copyrights © 2020