Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis model  Predict, Observe, Explain (POE) pada materi sistem peredaran darah yang valid, efektif dan praktis dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penlitian yang digunakan adalah research and development (R & D) menggunakan model 4D yang terdiri atas 4  tahapan pengembangan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini  adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMAN 10 Gowa sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi, angket respon guru serta lembar observasi keterlaksanaan perangkat untuk mengetahui tingkat kepraktisan modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan modul berbasis Predict, Observe, Explain (POE) yang dikembangkan memiliki tingkat validitas oleh tim ahli materi dan ahli media sangat valid yaitu 3,87. Rata-rata respon  respon peserta didik, respon guru, dan keterlaksanaan perangkat 3,69 berada pada kategori tinggi. Tes hasil belajar menggunakan modul berbasis Predict, Observe, Explain (POE) diperoleh 68,75% termasuk kedalam kategori sangat efektif dengan presentase ketuntasan mencapai 91%. Sehingga modul berbasis Predict, Observe, Explain (POE) layak digunakan karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020