Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 2 No 2 (2020): AL-AHYA

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

Nurbaya Nurbaya (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muh Rapi (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ahmad Ali (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis model  Predict, Observe, Explain (POE) pada materi sistem peredaran darah yang valid, efektif dan praktis dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penlitian yang digunakan adalah research and development (R & D) menggunakan model 4D yang terdiri atas 4  tahapan pengembangan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini  adalah peserta didik kelas XI MIA 1 SMAN 10 Gowa sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi, angket respon guru serta lembar observasi keterlaksanaan perangkat untuk mengetahui tingkat kepraktisan modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan modul berbasis Predict, Observe, Explain (POE) yang dikembangkan memiliki tingkat validitas oleh tim ahli materi dan ahli media sangat valid yaitu 3,87. Rata-rata respon  respon peserta didik, respon guru, dan keterlaksanaan perangkat 3,69 berada pada kategori tinggi. Tes hasil belajar menggunakan modul berbasis Predict, Observe, Explain (POE) diperoleh 68,75% termasuk kedalam kategori sangat efektif dengan presentase ketuntasan mencapai 91%. Sehingga modul berbasis Predict, Observe, Explain (POE) layak digunakan karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alahya

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Al-Ahya is a journal that contains scientific articles of research results in the field of biological education. The focus and scopes of Jurnal Al-Ahya are as follows. 1. Design and learning models in biological education 2. Evaluation of biology education 3. Development and application of ...