Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw berbasis permainan Truth and Dare terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 6 Kab. Bone. Desain penelitian ini menggunakan eksperimen semu bentuk non-equivalent pretest-posttest control group. Populasinya yaitu semua peserta didik X MIPA SMA Negeri 6 Bone sebanyak 243 peserta didik. Sampel berjumlah 70 orang yang terdiri atas 35 orang  X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan 35 orang X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa dokumentasi, hasil tes belajar, dan lembaran observasi. Teknik analisis data yang telah diambil yaitu analisis  deskriptif dan inferensial yang menggunakan uji prasyarat dan diuji independent sample t-test. Perolehan dari penelitian yakni hasil belajar peserta didik eksperimen mendapat skor rata-rata 76,14 sedangkan hasil belajar peserta didik kontrol mendapat skor rata-rata 67,57. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 22 didapatkan 0,000<0,05 yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw berbasis permainan Truth and Dare dalam penelitian ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021