Sarana dan prasarana untuk pelaksanaan pembelajaran senam lantai di SMP Negeri Pauh Rawas Ilir kurang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini dikarenakan masih adanya rasa takut dan tidak percaya diri dalam melakukan gerakan Guling ke depan. Sehubungan hal ini, peneliti menggunakan alat bantu bantal sebagai media yang akan digunakan saat siswa melakukan gerakan guling ke depan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan gerak Guling ke depan pada siswa kelas VII SMP Negeri Pauh Rawas Ilir tahun pelajaran 2020-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian TindakanKelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII dengan jumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan persentase. Berdasarkan hasil, maka dapat dinyatakan bahwa penguasaan teknik dasar Guling ke depan melalui alat bantu bantal berhasil pada siklus II, yaitu persentase rata-rata teknik Guling ke depan dengan indikator teknik awalan sebesar 80,8% tergolong baik, teknik gerak roll sebesar 73,3% tergolong cukup, dan teknik pendaratan sebesar 69,2% dikategorikan cukup. Olehkarena itu, disarankan kepada guru hendaknya dapat menggunakan alat bantu bantal sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan teknik dasar gerak Guling ke depan pada cabang olahraga senam lantai.
Copyrights © 2021