cover
Contact Name
Evi Susilawati
Contact Email
evisusilawati@fkip.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
evisusilawati@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
Program Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara Jl. Sisingamangaraja XII, Kelurahan Teladan, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)
ISSN : -     EISSN : 29646596     DOI : https://dx.doi.org/10.30743/jetcivil
Core Subject : Education, Social,
Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan dengan bidang kajian kewarganegaraan, kajian konseptual bidang pendidikan, teknologi pendidikan, pengembangan bahan ajar, media, evaluasi, dan metode penelitian di bidang pendidikan, pendidikan politik, pendidikan hukum, pendidikan dan literasi kewarganegaraan. Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan dengan bidang kajian kewarganegaraan, kajian konseptual bidang pendidikan, teknologi pendidikan, pengembangan bahan ajar, media, evaluasi, dan metode penelitian di bidang pendidikan, pendidikan politik, pendidikan hukum, pendidikan dan literasi kewarganegaraan.
Articles 52 Documents
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK GULING KE DEPAN MELALUI ALAT BANTU SEDERHANA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI PAUH Deddy Indrawijaya
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 1, No 2 (2021): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.861 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v1i2.4457

Abstract

Sarana dan prasarana untuk pelaksanaan pembelajaran senam lantai di SMP Negeri Pauh  Rawas Ilir kurang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini dikarenakan masih adanya  rasa takut dan tidak percaya diri dalam melakukan gerakan Guling ke depan. Sehubungan  hal ini, peneliti menggunakan alat bantu bantal sebagai media yang akan digunakan saat  siswa melakukan gerakan guling ke depan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  peningkatan kemampuan gerak Guling ke depan pada siswa kelas VII SMP Negeri Pauh  Rawas Ilir tahun pelajaran 2020-2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian TindakanKelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII dengan  jumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan persentase. Berdasarkan hasil, maka dapat dinyatakan bahwa  penguasaan teknik dasar Guling ke depan melalui alat bantu bantal berhasil pada siklus II,  yaitu persentase rata-rata teknik Guling ke depan dengan indikator teknik awalan sebesar  80,8% tergolong baik, teknik gerak roll sebesar 73,3% tergolong cukup, dan teknik pendaratan sebesar 69,2% dikategorikan cukup. Olehkarena itu, disarankan kepada guru hendaknya dapat  menggunakan alat bantu bantal sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan  untuk meningkatkan teknik dasar gerak Guling ke depan pada cabang olahraga senam lantai.
PERBEDAAN HASIL KOMUNIKASI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TGT DAN STAD DI SMP ASY-SYAFI’IYAH INTERNASIONAL Ahmad Fikri Iskandar
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 1, No 1 (2020): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.406 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v1i1.3597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan oleh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD pada topik statistik. Jenis penelitian ini adalah kuasi. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Asy-Syafi'iyah Internasional Medan dengan sampel 2 kelas, masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika siswa adalah post-test. Analisis data masing-masing kelas eksperimen didapatkan bahwa rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen TGT adalah 57,27 dan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen STAD adalah 53,92. Uji hipotesis diperoleh Sig. (1-tailed) = 0,042. Karena Sig. (1-tailed) 0,042 0,05 maka H0 ditolak dan diterima H1. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar oleh tipe pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar oleh model pembelajaran kooperatif tipe STAD. 
MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI SISWA SMK AL WASHLIYAH PASAR SENEN 2 KAMPUNG BARU MEDAN Atmawarni Atmawarni; Sapta Kesuma; Thalita Fadilla
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 3, No 1 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.877 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v3i1.6181

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran E-Learning dan mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di sekolah SMK Al Washliyah Pasar Senen 2 Kampung Baru Medan. pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran E-Learning dan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa model pembelajaran ini berpengaruh bagi siswa. Hal ini berdasarkan dilakukannya tes berupa angket atau kuesioner dengan presentase 76,0%. yang menunjukan Model pembelajaran E-Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi siswa. Sehingga, hipotesis utama pada pengujian ini diterima, yaitu ada pengaruh positif pada model pembelajaran E-Learning terhadap prestasi siswa pada siswa SMK Al Washliyah Pasar Senen 2 Kampung Baru Medan. Sehingga, semakin tinggi model pembelajaran e-learning semakin tinggi juga tingkat prestasi siswa
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUMUSAN DASAR NEGARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PICTURE AND PICTURE MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS VII.A SMP NEGERI PAUH Septarina Septarina
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 2, No 1 (2021): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.204 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v2i1.4473

Abstract

Sekolah memiliki tanggung jawab dan peranan yang sangat penting dalam mempersiapkan warga Negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten untuk mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).  Kondisi rendahnya hasil belajar siswa tercermin pada siswa VII SMP Negeri Pauh. Hal itu dapat diketahui melalui rata-rata ulangan harian siswa yang dilakukan pada materi proses perumusan pancasila sebagai dasar negara. Model pembelajaran picture and picture merupakan sebuah model pembelajaran dimana guru menggunakan alat bantu seperti media gambar untuk menerangkan sebuah materi atau memfasilitasi siswa untuk aktif belajar.  Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas VII.A SMP Negeri Pauh, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Hasil tes siklus 1 dan 2 menunjukkan telah terjadi peningkatan pemahaman siswa terhadap materi sistem hukum dan peradilan nasional di banding dengan awal tindakan yaitu 53.57% siswa yang mencapai kreteria ketuntasan minimal atau sebanyak 13 orang siswa. Sedangkan pada pelaksanaan siklus 1 yaitu 71.42 % atau sebanayak 20 orang siswa telah memperoleh nilai lebih besar dari 62 ( KKM). Pada siklus 2 ini meningkat menjadi 92.85% atau sebanyak 26 orang siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa tersebut sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85% sehingga tidak perlu dilanjutkan siklus berikutnya. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. A SMP Negeri Pauh.
PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TIK DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYIMPULKAN ISI BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMPN PAUH Widiana Saputri
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 1, No 2 (2021): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.271 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v1i2.4453

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dilaksanakan dengan adanya perubahan karakteristik peserta didik generasi mileneal menjadi karakteristik generasi z, istilah yang mewakili generasi abad 21.  Teks berita adalah teks yang menyampaikan informasi yang memiliki unsur 5w+1h yaitu what, where, when, who, why, danhow. Berdasarkan  observasi awal, siswa kelas VIII SMPN Pauh mendapatkan permasalahan terkait menyimpulkan isi teks berita sehingga dibutuhkan media berbasis TIK. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah kelas VIII B SMPN PauhTahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini memiliki 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian di kelas VIII BSMP Negeri Pauh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media berbasis TIK dapat meningkatkan hasil belajar menyimpulkan isi teks berita. Hal ini ditunjukkan dengan persentase pencapaian ketuntasan hasil belajar pada siklus I secara klasikal mencapai 36% (10 siswa). Sedangkan persentase pencapaian ketuntasan hasil belajar pada siklus II adalah 100% (28 siswa).Secara keseluruhan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu, hasil pengamatan menunjukkan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan aktif. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa penggunaan media berbasisi TIK dinilai berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan menyimpulkan isi teks berita pada siswa kelas VIII SMPN Pauh.
PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA ANAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN NILAI MORAL Tampilen Tampilen; Yusi Maulia
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 3, No 2 (2023): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.805 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v3i2.6976

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar PPKn berupa modul berbantuan Video Canva pada materi peranan keluarga dalam menanamkan nilai moral pada anak di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Dua Koto Kabupaten Pasaman Sumatera Barat . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RD) dengan menggunakan desain penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap, Analysis (Analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evalution (evaluasi). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan satu orang guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat yang berjumlah 29 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian merupakan sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas VII dan satu orang guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat yang berjumlah 29 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara yang dilakukan di lapangan serta kritik, saran, dan masukan yang diberikan validator, guru dan siswa melalui penyebaran angket. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil data penilaian validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, serta angket respon guru dan siswa. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji instrumen data yaitu dengan uji validitas oleh ahli materi dan ahli desain. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, diperoleh hasil dengan memenuhi kriteria layak. Penilaian tingkat kevalidan modul oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan 94% dengan kualifikasi “sangat valid” kemudian dengan ahli desain dengan rata-rata keseluruhan 96% dengan kualifikasi sangat valid. Penelitian tingkat kelayakan oleh guru diperoleh rata-rata 94% dan siswa memberikan respon baik dan positif dengan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 93%., sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan ajar PPKn materi peranan keluarga dalam menanamkan nilai moral pada anak kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto yang berbentuk modul berbantuan aplikasi Video Canva sangat layak digunakan dalam pembelajaran di kelas.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN P ROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 LANGSA Nana Wahyuni
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 2, No 2 (2022): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.829 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v2i2.6157

Abstract

Mata pelajaran PPKn memiliki karakteristik tersendiri, di mana materinya tidak dapat dikuasai tanpa pemahaman dan penghayatan terhadap nilai dan norma. Untuk dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, siswa harus memiliki motivasi belajar dalam setiap pembelajaran. Selama ini, siswa acuh tak acuh terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru, dikarenakan pembelajaran berlangsung  dengan menggunakan guru sebagai sumber belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memberikan solusi berupa pemberian tindakan terhadap proses pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning . Penelitian ini terdiri dari dua siklus di mana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning  dan mendeskripsikan model Project Based Learning dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP N 13 Langsa. Adapun hasil dari penelitian ini  dapat didiskripsikan sebagai berikut: hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning, pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 74 dengan persentase ketuntasan 85% dan rata-rata hasil refleksi pelaksanaan proses pembelajaran diakhir siklus mencapai 89,16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VII SMP N 13 Langsa  meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning  dan proses pembelajaran PPKn di kelas kelas VII SMP N 13 Langsa diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI OTONOMI DAERAH DI KELAS IX.2 SMP NEGERI 4 MUARA ENIM Sumaryani Sumaryani
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 2, No 1 (2021): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.664 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v2i1.4469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yang meliputi aktivitas fisik, aktivitas mental dan aktivitas emosional dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing di Kelas IX.2 SMP Negeri 4 Muara Enim. Penelitian ini di fokuskan pada peningkatan aktifitas belajar peserta didik kelas IX.2 dengan komposisi 13 orang perempuan dan13 orang laki-laki. Peneltitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yang dalam setiap siklusnya terdiri atas empat aspek, yaitu : penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkkan data dari pengamatan terhadap aktifitas belajar peserta didik selama siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan aktifitas belajar peserta didik pada materi Otonomi Daerah dengan perolehan data aktifitas belajar peserta didik dengan rata-rata sebesar  49,3% dan termasuk kategori sedikit pada siklus 1 menjadi 82,5% dan termasuk kategori banyak sekali pada siklus 2.
PENGARUH PENDEKATAN BERBASIS GENRE TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA SISWA TENTANGTEKS SPOOF DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIMPANG DOLOK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Harianto Harianto
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 1, No 1 (2020): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.911 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v1i1.3598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pendekatan genre based signifikan terhadap keterampilan membaca teks spoof siswa di SMP Negri 2 Simpang Dolok batu bara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dalam desain eksperimental ada dua kelompok siswa, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diajar dengan pendekatan membaca dan kelompok kontrol di ajar secara konvensional. kedua kelompok di berikan pre-test dan post-test . Pengambilan sampel menggunakan random sampling , salah satunya adalah undian . Kelas VIII.1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas  VIII.2 sebagai kelompok kontrol. kesimpulan berikut didasarkan pada analisis data pada bab sebelumnya : nilai yang di amati lebih besar dari nilai  (t) tabel. artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima siswa yang diajar dengan pendekatan berbasis genre dalam pembelajaran pemahaman membaca memiliki prestasi yang lebih baik dari pada siswa yang di ajar dengan cara konvensional. Siswa merasa lebih mudah untuk belajar membaca dengan metode pendekatan berbasis genre. Penggunaan pendekatan dengan berbasis genre dalam pengajaran pemahaman bacaan efektif.
IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA KULIAH MANAJEMEN OPERASIONAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Imamul Khaira
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 3, No 1 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.944 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v3i1.6182

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi sejauhmana peningkatan karakter mahasiswa dalam  mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.  Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Haji  Sumatera Utara yang mengambil mata kuliah Manajemen Operasional tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 17.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tekhnik observasi yang dilakukan selama penelitian pada siklus I dan siklus II sedang berlangsung. Tekhnik analisis data yang dipergunakan adalah tekhnik kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif untuk mengolah data kuantitatif hasil test. Sedangkan teknik kualitatif untuk menganalisis data kualitatif non test. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan, dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan karakter mahasiswa terhadap profil Pelajar Pancasila   setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning