Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)
Vol 2, No 2 (2022): Edisi April

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN P ROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 LANGSA

Nana Wahyuni (Universitas Haji Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2022

Abstract

Mata pelajaran PPKn memiliki karakteristik tersendiri, di mana materinya tidak dapat dikuasai tanpa pemahaman dan penghayatan terhadap nilai dan norma. Untuk dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, siswa harus memiliki motivasi belajar dalam setiap pembelajaran. Selama ini, siswa acuh tak acuh terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru, dikarenakan pembelajaran berlangsung  dengan menggunakan guru sebagai sumber belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memberikan solusi berupa pemberian tindakan terhadap proses pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning . Penelitian ini terdiri dari dua siklus di mana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning  dan mendeskripsikan model Project Based Learning dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP N 13 Langsa. Adapun hasil dari penelitian ini  dapat didiskripsikan sebagai berikut: hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning, pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 74 dengan persentase ketuntasan 85% dan rata-rata hasil refleksi pelaksanaan proses pembelajaran diakhir siklus mencapai 89,16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VII SMP N 13 Langsa  meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning  dan proses pembelajaran PPKn di kelas kelas VII SMP N 13 Langsa diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jetcivil

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan dengan bidang kajian kewarganegaraan, kajian konseptual bidang pendidikan, teknologi pendidikan, pengembangan bahan ajar, media, evaluasi, dan metode penelitian di bidang pendidikan, pendidikan politik, pendidikan hukum, ...