Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yang meliputi aktivitas fisik, aktivitas mental dan aktivitas emosional dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing di Kelas IX.2 SMP Negeri 4 Muara Enim. Penelitian ini di fokuskan pada peningkatan aktifitas belajar peserta didik kelas IX.2 dengan komposisi 13 orang perempuan dan13 orang laki-laki. Peneltitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yang dalam setiap siklusnya terdiri atas empat aspek, yaitu : penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkkan data dari pengamatan terhadap aktifitas belajar peserta didik selama siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan aktifitas belajar peserta didik pada materi Otonomi Daerah dengan perolehan data aktifitas belajar peserta didik dengan rata-rata sebesarĀ 49,3% dan termasuk kategori sedikit pada siklus 1 menjadi 82,5% dan termasuk kategori banyak sekali pada siklus 2.
Copyrights © 2021